Sekedar share,
berikut hasil Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan penerapan
kurikulum 2013 yang dirancang untuk kelas II pada mata pelajaran Seni Budaya
dan Prakarya:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
……………………………
Kelas/Semester : II/1
Tema/Subtema :
……………………………
Alokasi Waktu :
1 x Pertemuan (3 x 35 menit)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca), dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Seni Budaya
dan Prakarya
Kompetensi
Dasar
1.1. Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya
seni.
3.1 Mengenal
bahan dan alat serta fungsinya dalam membuat karya seni rupa.
4.2 Membuat
karya seni mozaik sederhana dengan menggunakan bahan alam.
Indikator
3.1.1 Membedakan bahan alam dan buatan.
4.2.1 Membuat mozaik pada bokoran
(tempat bunga untuk sembahyang)
dengan menggunakan
beras berwarna dan kulit telur.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mengamati bahan, siswa dapat membedakan bahan alam dan
buatan dengan cermat dan teliti.
2. Berdasarkan hasil pengamatan dan materi yang telah dikaji pada
buku paket, siswa dapat memilih dan memilah bahan alam yang akan digunakan
untuk membuat karya seni rupa dengan cermat dan teliti.
3. Dengan memilih bahan alam, siswa dapat menerapkanya dalam
pembuatan karya seni mozaik dengan cermat dan teliti.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Bahan alam dan buatan.
E.
Metode dan
Pendekatan Pembelajaran
Metode : Ceramah, tanya jawab, dan diskusi
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan
informasi,
eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan
mengkomunikasikan).
F.
Media
Pembelajaran, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media dan Alat : Berbagai
bahan alam dan buatan, bokoran (tempat
bunga untuk
sembahyang), dan lem.
2.
Sumber : -
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa
dan menanyakan kabar mereka.
2. Guru meminta salah seorang siswa untuk
memimpin doa.
3. Guru melakukan apersepsi sebagai awal
komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4. Guru memberi motivasi kepada siswa agar
semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru
mengenai kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan
dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat
dipahami.
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa mengamati berbagai bahan yang terdiri
dari bahan alam dan buatan.
2. Siswa menanyakan berbagai hal yang mereka
anggap penting berdasarkan bahan tersebut.
3. Siswa saling mempertukarkan pertanyaan
tersebut dengan teman sebangku.
4. Siswa mendiskusikan jawaban atas pertanyaan
yang telah mereka tulis dengan teman sebangku.
5. Siswa membaca materi tentang bahan alam dan
buatan pada buku paket.
6. Siswa mengelompokkan bahan tersebut
berdasarkan bahan alam atau buatan pada tabel yang telah disediakan.
7. Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat
dalam buku siswa.
8. Siswa memilih beberapa bahan alam yang akan
digunakan sebagai bahan untuk membuat karya seni rupa.
9. Siswa mencari bahan alam lain sebagai bahan
pelengkap dalam pembuatan karya seni rupa.
10. Siswa
membuat karya seni mozaik dengan menggunakan bahan alam tersebut.
|
85 menit
|
Penutup
|
1. Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (3 hal yang mereka pelajari pada
hari tersebut, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum
dipahami, serta hal apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
2. Siswa bersama guru menyimpulkan materi
pembelajaran.
3. Siswa bersama guru mengadakan refleksi.
4. Guru memberikan penguatan kepada siswa yang
telah berhasil melaksanakan tugas.
5. Siswa bersama guru mengakhiri kegiatan
dengan doa bersama dan salam penutup.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1. Teknik Penilaian
a.
Penilaian sikap: cermat, teliti, dan tanggung jawab
b.
Penilaian pengetahuan: kuis
c.
Unjuk kerja: membuat kerajinan
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Lembar Penilaian Sikap
Minggu
ke-.........Bulan........2014
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perubahan Tingkah Laku
|
||||||||
Cermat
|
Teliti
|
Tanggungjawab
|
||||||||
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Ani
|
|||||||||
2
|
Ari
|
|||||||||
3
|
Intan
|
|||||||||
Keterangan:
BT: Belum terlihat
T: Terlihat
M: Menonjol
Berilah dengan tanda
centang (√) pada kolom yang sesuai.
|
b.
Lembar Penilaian Pengetahuan
Soal dengan kriteria tercapai atau tidak.
c.
Lembar Penilaian Unjuk Kerja
Tema subtema brp
BalasHapus