Background Song

Sabtu, 14 Juni 2014

BELAJAR MEMBUAT RPP 2013


Sekedar share, berikut hasil Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan penerapan kurikulum 2013 yang dirancang untuk kelas II pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                : ……………………………
Kelas/Semester                 : II/1
Tema/Subtema                  : ……………………………
Alokasi Waktu                    : 1 x  Pertemuan (3 x 35 menit)

A.        Kompetensi Inti (KI)
1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca), dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator
Seni Budaya dan Prakarya
Kompetensi Dasar
1.1. Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1  Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.1  Mengenal bahan dan alat serta fungsinya dalam membuat karya seni rupa.
4.2  Membuat karya seni mozaik sederhana dengan menggunakan bahan alam.
Indikator
3.1.1 Membedakan bahan alam dan buatan.
4.2.1 Membuat mozaik pada bokoran (tempat bunga untuk sembahyang)
         dengan menggunakan beras berwarna dan kulit telur.

C.         Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati bahan, siswa dapat membedakan bahan alam dan buatan dengan cermat dan teliti.
2.    Berdasarkan hasil pengamatan dan materi yang telah dikaji pada buku paket, siswa dapat memilih dan memilah bahan alam yang akan digunakan untuk membuat karya seni rupa dengan cermat dan teliti.
3.  Dengan memilih bahan alam, siswa dapat menerapkanya dalam pembuatan karya seni mozaik dengan cermat dan teliti.

D.        Materi Pembelajaran
1.         Bahan alam dan buatan.

E.         Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode                   : Ceramah, tanya jawab, dan diskusi
Pendekatan           : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan
                                    informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan
                                    mengkomunikasikan).

F.         Media Pembelajaran, Alat, dan Sumber Belajar
1.         Media dan Alat    : Berbagai bahan alam dan buatan, bokoran (tempat
                                    bunga untuk sembahyang), dan lem.
2.         Sumber                  : -

G.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.    Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
3.    Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.    Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.   Siswa mendengarkan penjelasan dari guru mengenai kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
10 menit
Kegiatan Inti
1.   Siswa mengamati berbagai bahan yang terdiri dari bahan alam dan buatan.
2.   Siswa menanyakan berbagai hal yang mereka anggap penting berdasarkan bahan tersebut.
3. Siswa saling mempertukarkan pertanyaan tersebut dengan teman sebangku.
4. Siswa mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang telah mereka tulis dengan teman sebangku.
5.     Siswa membaca materi tentang bahan alam dan buatan pada buku paket.
6.    Siswa mengelompokkan bahan tersebut berdasarkan bahan alam atau buatan pada tabel yang telah disediakan.
7. Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
8.   Siswa memilih beberapa bahan alam yang akan digunakan sebagai bahan untuk membuat karya seni rupa.
9.   Siswa mencari bahan alam lain sebagai bahan pelengkap dalam pembuatan karya seni rupa.
10. Siswa membuat karya seni mozaik dengan menggunakan bahan alam tersebut. 
85 menit
Penutup
1.  Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (3 hal yang mereka pelajari pada hari tersebut, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum dipahami, serta hal apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
2.  Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
3.   Siswa bersama guru mengadakan refleksi.
4.   Guru memberikan penguatan kepada siswa yang telah berhasil melaksanakan tugas.
5.   Siswa bersama guru mengakhiri kegiatan dengan doa bersama dan salam penutup.
10 menit

H.       Penilaian
1.        Teknik Penilaian
a.          Penilaian sikap: cermat, teliti, dan tanggung jawab
b.         Penilaian pengetahuan: kuis
c.          Unjuk kerja: membuat kerajinan
2.        Bentuk Instrumen Penilaian
a.          Lembar Penilaian Sikap
Minggu ke-.........Bulan........2014
No
Nama Peserta Didik
Perubahan Tingkah Laku
Cermat
Teliti
Tanggungjawab
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
Ani









2
Ari









3
Intan









Keterangan:
BT: Belum terlihat
T: Terlihat
M: Menonjol
Berilah dengan tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.

b.         Lembar Penilaian Pengetahuan
 Soal dengan kriteria tercapai atau tidak.
c.          Lembar Penilaian Unjuk Kerja

1 komentar: